Serba Lezat Aneka Hidangan Nasi Khas Daerah

Anda termasuk orang yang pernah mengatakan belum makan kalau belum masuk nasi ke perut? Anda tidak salah karena sebagai salah satu bahan makanan pokok, nasi memang sangat dibutuhkan rakyat Indonesia. Dalam daftar kuliner Indonesia, nasi juga tidak ketinggalan. Contohnya, nasi gudeg Jogja dan nasi rames Padang. Nah, dibawah ini terdapat menu serba lezat aneka hidangan nasi khas daerah yang sangat rekomendasi untuk dicicipi!

Nasi Ulam

Nasi Ulam


Tidak banyak yang tahu bahwa Jakarta memiliki nasi khas lain yang tak kalah lezat dari nasi uduk yaitu nasi ulam. Nasi ulam berbeda dengan nasi uduk yaitu tidak di masak dengan santan. Ciri khas nasi ulam adalah bumbu serundeng, teri kacang dan lalapan daun kemangi. Penyajian nasi ulam juga dilengkapi dengan aneka pilihan lauk seperti irisan telur dadar, ayam goreng, perkedel, krupuk dan sambal kacang. Di Jakarta penjual nasi ulam membuat dua macam pilihan yaitu nasi ulam kering dan nasi ulam basah atau berkuah .

Nasi Timbel

Nasi Timbel


Di daerah asalnya yaitu Jawa Barat, nasi timbel di sebut sangu timeul yang artinya nasi di bungkus daun pisang. Beras yang digunakan untuk nasi timbel harus beras pulen. Bila Anda berkunjung ke restoran Sunda dan memesan nasi timbel komplit, maka Anda akan disuguhkan: nasi timbel, semangkuk kecil sayur asem, sambal terasi, lalapan, ayam goreng, dendeng gepuk, ikan asin jambal, tahu dan tempe goreng.

Nasi Bogana

Nasi Bogana


Nasi bogana tidak sepopuler kuliner daerah Tegal lainnya yaitu warteg. Ciri khas hidangan nasi bogana terletak pada rasanya yang serba gurih karena pengolahannya menggunakan santan, begitu juga dengan lauk-pauknya. Penyajian nasi bogana harus dilapisi daun pisang termasuk lauk-pauknya, seperti: suwiran ayam kari, oseng kacang panjang, telur pindang, serundeng daging sapi, sambal goreng ati, dan sambal bawang.

Nasi Liwet

Nasi Liwet


Solo juga memiliki hidangan nasi khas yaitu nasi liwet. Nasi liwet bercita rasa gurih karena menggunakan santan. Ciri khas nasi liwet Solo ada pada lauk-pauknya yang terdiri dari areh yaitu bubur kelapa, sayur waluh atau labu siam, dan ayam goreng yang di suwir. Uniknya lagi, nasi liwet bisa dinikmati kapan saja seperti untuk sarapan, makan siang atau makan malam.

Nasi Kapau

Nasi Kapau


Dinamakan nasi kapau karena memang dikenal sebagai nasi ramas khas daerah Nagari Kapau, Sumatera Barat. Ciri khas nasi kapau adalah gulai cubadak yaitu gulai nangka muda bercampur kacang panjang, jengkol, rebung dan kol. Nasi kapau kurang nikmat tanpa kelengkapan aneka gulai lainnya seperti gulai tambusu yaitu usus sapi yang berisikan telur dan tahu, gulai tunjang yaitu kikil sapi, gulai ikan dan gulai babat. Dalam penyajiannya, nasi kapau juga boleh ditambahkan dendeng balado, rendang, ayam pop dan tak lupa sambalado hijau.

Sebagai bahan makanan pokok, nasi memang sangat dibutuhkan rakyat Indonesia. Kuliner Indonesia pun memodifikasikan nasi menjadi hidangan yang komplit. Nah, bagi Anda yang sudah pernah mencicipi nasi uduk dan nasi gudeg, cobalah olahan lainnya. Seperti paparan di atas yaitu serba lezat aneka hidangan nasi khas daerah.


Serba Lezat Aneka Hidangan Nasi Khas Daerah

0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.