Olahan Mie Dua Negara

Bila ditanyakan kepada masyarakat Indonesia, apa makanan pokoknya? Pasti semua sepakat nasi. Tetapi di zaman modern ini, masyarakat Indonesia beragam memilih makanan pokok sehari-hari. Hal tersebut mungkin saja karena pengaruh integrasi masakan luar yang di bawa orang Indonesia saat bermukin di sana atau sebaliknya orang luar yang bermukim di Indonesia.

Pilihan makanan pokok selain nasi adalah jagung, umbi-umbian, gandum atau terigu. Salah satu olahan makanan yang terbuat dari gandum dan cocok bagi perut orang Indonesia adalah mie. Mie yang masih dalam bentuk basah maupun kering instan telah menjadi favorit pengganti nasi karena sifatnya mengenyangkan. Di bawah ini olahan mie dua negara yang menjadi alternatif bila bosan dengan mie instan atau mie tradisional yang sudah banyak beredar.

Mie Ramen Jepang

Mie Ramen Jepang


Mie ramen Jepang terkenal di Indonesia sejak munculnya kartun naruto. Saat ini outlet-outlet mie ramen Jepang banyak beredar di kota-kota besar Indonesia. Namun bagi Anda yang hobi memasak, mie ramen cukup mudah dibuatnya.

Bahan :1/4 gram mie basah, daging ayam suwir, bakso sapi, udang, 1 sendok makan maizena, 1 siung bawang putih, jahe, sawi hijau, 350 ml kaldu ayam, minyak wijen, telur rebus, bumbu ramen yang terdiri dari minyak ikan, garam, gula pasir, saus sambal, dan kecap manis.

Cara Membuat:
1. Rebus mie ke dalam air mendidih selama 5 menit. Kemudian angkat dan tiriskan
2. Tumis jahe dan bawang putih dengan minyak wijen. Setelah harum masukkan udang dan ayam
3. Masukkan bakso, sawi hijau, bumbu ramen, dan siram dengan kaldu ayam
4. Masukkan maizena setelah mie tercium bau harum
5. Sajikan bersama irisan telur rebus

Mie Goreng India


Mie Goreng India


Mie goreng India belum familiar di Indonesia. Tetapi kita dapat mencoba membuatnya karena bahan dan bumbunya mudah di dapat.

Bahan : 250 gram mie basah seduh, cumi iris, udang kupas, ikan suwir, 75 gram tauge, pakcoy, daun bawang
Bumbu : kecap manis, 4 siung bawah putih cincang, 50 gram bawang Bombay, kari bubuk, saus sambal, merica bubuk, garam

Cara Membuat:
1. Tumis cumi bawang putih dan bawang Bombay. Setelah harum masukkan cumi, udang, ikan suwir
2. Masukkan mie, kecap, kari bubuk, saus, merica bubuk dan garam. Aduk hingga merata
3. Masukkan tauge, pakcoy dan daun batang. Masak hingga sayuran terlihat sedikit layu
4. Angkat dan sajikan

Mie Ramen Jepang dan mie goreng India merupakan olahan mie dua negara yang rasanya sangat cocok di lidah orang Indonesia. Cara pembuatannya pun mudah dan cepat. Mie Ramen yang sedikit berkuah kental, cocok bila di makan saat musim hujan. Sedangkan mie goreng India cocok untuk mereka yang menyukai bumbu kari.



Olahan Mie Dua Negara

0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.