Catatan manasuka online belajar ngeblog dan apa saja

05 Desember 2018

Tombol Balas Di Komentar Blogspot Tidak Berfungsi

Entah sejak kapan tulisan, ikon atau tombol balas komentar (Reply Comment) di kolom komentar blogspot tidak berfungsi. Padahal sebelumnya tidak ada masalah.

Saya baru mengetahui setelah ada email untuk moderasi komentar di blog Kangandre. Ketika saya klik balas komentar, hasilnya komentar berjejer layaknya komentar baru dan tidak berada dibawah komentar yang akan dibalas.

Berkali-kali saya coba, hasilnya tetap sama seperti buat komentar baru. Padahal saya lama tidak otak-atik template.

komentar blogspot


Saya pun mencoba di blog lain yang menggunakan blogspot (blogger.com). Tombol balas ada yang berfungsi dan ada yang tidak. Untuk blog SEO Kecil ini berfungsi dengan baik.

Saya lihat kode untuk blog yang bermasalah dengan balas komentar, masih tetap seperti dulu. Lantas saya coba mengembalikan dengan template bawaan blogger. Ternyata berfungsi dengan baik. Akhirnya saya menyimpulkan, ada update mesin blog atau core blogger.com.

Bingung juga bagaimana untuk memulainya, karena semua blog menggunakan template modifikasi bukan bawaan blogspot. Apakah ada script yang tidak berfungsi?

Saya pun mencoba menghapus atau mengubah kode html yang dulu dianggap tidak valid HTML 5 atau mempercepat loading, seperti kode:
  • &lt;head&gt; menjadi <head> 
  • &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt; menjadi </head>
  • &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt; menjadi </body>
  • &lt;style type=&quot;text/css&quot;&gt; &lt;!-- /*<b:skin><![CDATA[*/]]></b:skin> <style type='text/css'> menjadi <b:skin><![CDATA[
Ternyata, ada yang berhasil dan ada yang tidak.

Lantas saya mencoba browsing mengetahui penyebab balas komentar (Reply Comment) tidak berfungsi.

Beberapa contoh mengatasi tombol balas komentar (Reply Comment) yang tidak berfungsi, gagal. Malah ada yang menyarankan diganti saja dengan komentar disqus atau facebook. Menurut saya bukan mengatasi masalah (kecuali memang ingin menggunakan komentar tersebut)

Cara yang praktis adalah mengganti template yang balas komentar (Reply Comment) berfungsi (bisa dicoba di template demo). Namun saya ingin mempertahankan template yang saya modifikasi sendiri.

Lumayan menyita waktu jika terus mencoba dan mencoba memperbaiki template dan tentu saja update artikel menjadi terhambat gara-gara harus memperbaiki template yang "rusak".

Akhirnya, saya putuskan hanya mengganti kode tertentu yaitu kode untuk komentar (comment) dengan template blog yang tombol balasnya berfungsi dengan baik. 

Masuk ke edit html
Lompat ke widget > blog1
Cari semua kode yang memiliki kata comment <b:includable id=.....>
ganti dengan kode sama yang diambil dari template yang balas komentar (Reply Comment) berfungsi.
Kemudian, ganti juga css-nya yang berada di <b:skin> atau <head>

Tombol Balas Di Komentar Blogspot Tidak Berfungsi


Akhirnya tomblol balas komentar (Reply Comment) berfungsi dengan baik, meskipun tampilannya sedikit berubah.

Catatan:
  • Cara mengatasi balas komentar diatas saya pakai di beberapa blog saya dengan berbeda template namun tombol balas komentar (Reply Comment) sama-sama tidak berfungsi.
  • Mengingat, banyaknya template sehingga saya tidak bisa memberikan solusi memperbaiki karena bisa beda masalah (juga saya bukan ahli kode)
  • Jika membeli template, sebaiknya konsultasikan dengan pembuat template atau tanyakan di forum resminya.

Tombol Balas Di Komentar Blogspot Tidak Berfungsi

0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.

Copyright © Catatan SEO Kecil