Catatan manasuka online belajar ngeblog dan apa saja

30 Desember 2018

Perlukah Optimasi SEO untuk Semua Halaman Blog

Artikel "Perlukah Optimasi SEO untuk Semua Halaman Blog" ini merupakan update artikel yang telah dipublikasikan pada 08 Maret 2012. Hanya perubahan kata atau kalimat tanpa mengubah arti dan tujuan penulisan awal.

Optimasi SEO untuk Halaman Blog


Apakah perlu kita mengoptimasi semua halaman pada blog? Yang saya maksud halaman di sini adalah semua page (halaman) seperti about, kontak, privasi, artikel, arsip, pencarian, dll.

Bagi yang mampu silahkan, bahkan disarankan. Namun perlu diketahui bahwa melakukan optimasi semua halaman blog bukanlah pekerjaan yang gampang. Optimasi halaman blog sangat menguras tenaga dan waktu. 

Optimasi SEO untuk halaman blog diperlukan jika ingin halaman tersebut berada pada halaman pertama di sebuah situs penelusuran. Tujuannya pasti trafik kunjungan yang diharapkan meningkat setelah berada pada halaman awal. Syukur-syukur bisa berada di tiga besar pertama.

Secara umum, SEO memiliki dua cara yaitu SEO onpage dan SEO offpage. Optimasi onpage berdasarkan syarat seo mesin pencari seperti penggunaan keyword yang tepat, meta tag, heading, dan sebagainya. Sedangkan offpage melakukan pencarian backlink dari situs/blog lain sebagai pendukung halaman artikel.

Padahal, mengoptimasi halaman blog setidaknya berdasarkan algoritma yang telah dibuat oleh situs mesin pencarian. Situs penelusuran Google saja memiliki 200 lebih algoritma untuk menentukan ranking. Baca 200+ Faktor Penentu Peringkat Google.

Lantas, bagaimana jika diterapkan satu per satu pada semua halaman blog? Bisa-bisa malah stress, apalagi jika tidak berhasil. Untuk itu, nggak perlu semua. Cukup beberapa halaman yang dirasa perlu seperti artikel yang menarik, unik, original dan perlu untuk dibaca orang. 

Mengapa artikel tertentu yang perlu dioptimasi? Ini sebagai pancingan terhadap pengunjung. Bila optimasi berhasil, maka posisi artikel di hasil pencarian search engine akan berada pada posisi halaman awal, dan kemungkinan pengunjung meng-klik artikel blog kita semakin besar. Dan bila pengunjung sudah berada dalam blog kita, artikel-artikel lain pasti dilirik. Untuk itu sediakan konten yang banyak sebagai pilihan pengunjung.

Ini hanya berlaku bagi yang serius mengelola blog. Bagi yang setengah rius, apalagi nol rius, abaikan saja, toh mungkin membuat blog hanya untuk dirinya sendiri. Selain perlu optimasi seo halaman blog, optimasi juga perlu untuk blog itu sendiri. Hal ini untuk membantu waktu dan tenaga kita mengelola blog. Bagaimana cara optimasi SEO ? Cari artikel di blog ini, siapa tahu bisa membantu.


Perlukah Optimasi SEO untuk Semua Halaman Blog

0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.

Copyright © Catatan SEO Kecil