Catatan Manasuka Online

Rabu, 22 Agustus 2018

Potret Komunitas Jendela

Tawa canda anak-anak itu begitu riang terdengar saat asyik berbaris dalam permainan ular tangga di Taman Manggarai Utara VI, Jakarta. Mereka setiap hari Sabtu dan Minggu melakukan berbagai kegiatan bersama para jendelist.

Komunitas Jendela Bermain

Komunitas Jendela

Jendelist adalah sebutan untuk relawan yang tergabung dalam Komunitas Jendela. Komunitas ini dikelola dan digerakkan oleh relawan yang berasal dari berbagai daerah, dengan fokus kegiatan pada segi pengembangan pendidikan anak terutama pada minat baca anak. 

Komunitas jendela membaca

Komunitas Jendela berfokus pada kegiatan pengembangan pendidikan anak terutama pada minat baca anak, upaya membangun minat literasi baca anak-anak melalui pendirian taman baca dan kegiatan belajar rutin dengan berbagai selingan permainan dan workshop. 

Komunitas jendela bersama

Sesuai tagline komunitas tersebut saat ini, “Prepare the readers to build their future”, jendelist berupaya membangun minat baca anak-anak melalui pendirian taman baca dan kegiatan belajar rutin dengan berbagai selingan permainan dan workshop.

komunitas jendela belajar


Salah satu jendelist adalah Prihatiningsih. Wanita kelahiran Magelang ini juga merupakan co-Founder Komunitas Jendela yang didirikan di Yogyakarta pada tahun 2011 dan kini telah beranak pinak hingga ke kota lainnya di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Malang, Lampung, Medan, Jember, Bangka, Maluk, Atambua, Bengkalis, dan Simalungun.

komunitas jendela jakarta

"Apa yang kami upayakan pasti akan membekas di dalam diri anak tersebut. Saya percaya bahwa dirinya nanti akan melakukan hal yang sama, dan akan terus berantai seperti itu"

Keyakinan itu pula yang tertanam pada Komunitas Jendela dalam menebarkan kebaikan. Dari hanya sedikit kepedulian kita terhadap anak-anak hingga saat ini kami sudah mempunyai 15 perpustakaan di Indonesia, dan akan terus tumbuh semakin besar.

perpustakaan komunitas jendela


Potret Komunitas Jendela Peduli Literasi

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © SEO Gaul