29 April 2017

Wisata Kuliner di Banjarmasin yang Harus Anda Coba


Banjarmasin, ibukota provinsi Kalimantan Selatan ini memiliki julukan sebagai kota seribu sungai. Selain Karena karena letak geografisnya yang dialiri banyak sungai, masyarakatnya pun menjadikan sungai sebagai bagian dari aktivitas kehidupannya sedari-hari.


Wisata Kuliner di Banjarmasin
(image : afaraonline.com)

Sebagai salah satu kota tujuan wisata di Kalimantan, Banjarmasin juga terkenal dengan kulinernya yang unik dan lezat. Ada beberapa jenis makanan yang wajib Anda coba saat mendatangi Banjarmasin. Berikut beberapa di antaranya:

1. Lontong Orari

Lontong Orari merupakan salah satu kuliner paling terkenal di Banjarmasin, bahkan hampir setiap wisatawan yang berkunjung ke Banjarmasin pasti minta diantar ke tempat makan yang satu ini.

Konon, belum afdol jika mengunjungi Balikpapan tanpa menyantap lontong di warung lontong orari. Warung ini menyediakan masakan Lontong ditambah dengan ayam, telur dan haruan—yang diolah dengan bumbu olahan khas Banjarmasin.

2. Nasi Kuning

Merupakan menu sarapan favorit pelancong di Banjarmasin, hampir seluruh warung makan di Banjarmasin menyediakan makanan ini di pagi hari. Cukup keluar dari hotel, dan jika Anda melihat kerumunan orang, bisa dipastikan disitu warung nasi kuning.

Budaya masyarakat Banjar untuk membeli nasi kuning di warung atau istilahnya mawarung juga turut meramaikan warung nasi di Banjarmasin. Nasi kuning Banjarmasin biasa disajikan dengan ikan Haruan atau hintalu dan ayam.Ikan Haruan adalah ikan gabus yang diolah dengan bumbu merah khas Banjar. Bahkan, beberapa warung juga menyediakan dendeng dan hati sebagai lauk untuk nasi kuning.

Untuk nasi kuning terbaik, Anda bisa datang ke warung nasi kuning Andalas di Jl. Perintis Kemerdekaan, Nasi Kuning cempaka di area pasar baru, atau Nasi Kuning Pasar lama.

3. Soto Banjar

Soto Banjar adalah kuliner khas banjar yang sudah terkenal ke seluruh Indonesia. Di Banjarmasin, Soto Banjar H. Anang Ayam Bapukah adalah yang paling terkenal.

Soto Banjar terdiri dari daging ayam, ditambah perkedel, kentang rebus, dan ketupat. Yang membedakannya adalah rempah yang digunakan, seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Kuah Soto Banjar biasanya ditambahkan susu sehingga menjadi lebih kental daripada jenis soto lainnya.

Yang menarik, jika Anda memesan Soto Banjar, yang disajikan adalah soto lengkap dengan lontong. Untuk memesan Soto Banjar dengan nasi, Anda harus memesan Nasi sop.

4. Ikan Bakar dan Goreng

Masakan Banjarmasin yang terkenal adalah hidangan ikan bakar dan goreng dari berbagai jenis ikan. Namun, yang paling khas Banjar adalah ikan haruan (gabus), ikan patin, papuyu dan lais.

Anda bisa menemukan banyak jenis warung Ikan bakar dan goreng, namun disarankan untuk mencoba Ikan Bakar dan goreng di Warung H. Fauzan di Jl. Sultan Adam dan beberapa cabangnya. Anda juga bisa mencoba RM Patin Hj Husniah, pinggir sungai seberang Swissbel Hotel.

Agar lebih puas menjelajahi kuliner di Banjarmasin, menginaplah barang satu atau dua hari di kota ini. ada banyak pilihan hotel murah di Banjarmasin. Agar lebih mudah memesannya, Anda bisa mencarinya di Airy Rooms. 

airy rooms hotel


Memiliki Jaringan hotel terbesar di Indonesia, Airy Rooms menjalin kerja sama dengan para partner hotel di seluruh indonesia. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kamar dengan harga murah dan fasilitas lengkap, mulai dari AC/Pendingin ruangan, kamar mandi dengan shower air hangat dan perlengkapan mandinya, televise Layar Datar, kamar yang bersih dan tempat tidur yang juga bersih, air minum gratis dan WiFi Gratis.

Anda bisa memesan Airy Rooms melalui website atau mengaksesnya melalui aplikasi yang bisa di unduh di smartphone Android atau Apple. Adapun pembayarannya bisa dilakukan secara transfer atau dengan kartu kredit. Jadi tunggu apalagi, segera pesan hotel dan nikmati wisata kuliner di Banjarmasin.

0 komentar

Posting Komentar