Catatan Manasuka Online

Minggu, 31 Juli 2016

Para Pecandu Internet Adalah Remaja

Para pecandu internet adalah mereka yang sulit beranjak dari internet meski tahu telah banyak waktu dihabiskan, telah lelah tubuh duduk dihadapannya. Para pecandu ini tersebar di banyak negara, di Amerika angka kejadiannya sampai 9 juta orang, di Inggris kata sebuah penelitian 5-10 % pengguna internet adalah pecandu internet. Di Inggris dikatakan para pecandu internet umumnya berpendidikan tinggi, sangat introvert, kebanyakan laki-laki, pada perempuan adalah mereka yang berumur setengah baya berinternet dari rumah.

Remaja Para Pecandu Internet


Di Asia Pecandu Internet Adalah Remaja


Di Asia, terutama China dan Korea Selatan dilaporkan pecandu internet terbanyak adalah anak-anak remaja. Laporan Ahn Dong-hyun, seorang psikiater anak dari Hanyang University Seoul, mengatakan di Korea Selatan, sampai 30 persen pemuda berusia di bawah 18 tahun, atau sekitar 2,4 juta orang kecanduan internet.

Data dari China Internet Network Information Center (CNNIC), mengatakan 123 juta orang menggunakan akses internet, 14,9% berumur dibawah 18 tahun. Chou dan Hsiao melaporkan pecandu internet di Taiwan sebesar 5,9% dari pelajar setingkat SLTA ke bawah, sementara Wu dan Zhu mengatakan 10,6% dari pelajar mereka menjadi pecandu internet. Shan Xiuyun di Beijing menyatakan 85 kriminal remaja di kota, terkait dengan hubungan internet, sementara China Comunist Youth League melaporkan 17% warga China berumur 13-17 tahun adiksi terhadap internet.

Para psikiater menggolongkan mereka yang kecanduan internet sebagai Gangguan Kecanduan Internet. Daftar diagnosisnya secara internasional (WHO) maupun untuk Amerika (Diagnostic Statiscal Manual) dibukukan dalam diagnosis baku. Meski masih terjadi perdebatan tentang diagnosis ini, namun dari banyak penelitian terbukti, di Indonesia saja sudah ada yang berobat untuk kecanduan game internet. Block (2008) menyatakan dalam risetnya bahwa 13,7% remaja China -sekitar 10 juta orang- memenuhi kriteria diagnosis kecanduan internet.


Pecandu Internet Adalah Remaja - Lentera Gaul

Rabu, 20 Juli 2016

Glenn Fredly Nervous Kalau Di Foto

Glenn Fredly cuman tertawa renyah saat ditanya kenapa tampangnya berbeda banget kalau lihat di majalah. Cakepan aslinya. Padahal tampang doi manis abis. Sering banget Glenn diserang pertanyaan semacam itu.

Glenn Fredly Nervous

"Sebenarnya aku agak nervous kalo mau difoto. Nggak tau kenapa. Padahal Kalo di panggung, aku kelihatan pede meski ditonton banyak orang," ujar Glenn.

"Akan lain lagi kalo aku difoto pas lagi nyanyi atau ngebawain instrumen musik," tambah cowok yang telah ngeliris album repackage ini.

Nama lengkap doi Glenn Fredly Deviano Latuihamallo seorang Penyanyi kelahiran Ambon 30 September 1975, memiliki suara khas yang sangat merdu dan melankolis. Album yang telah diliris: Glenn (1998), Kembali (2000), Selamat Pagi, Dunia! (2002), Ost. Cinta Silver (2005), Aku & Wanita (2006), Happy Sunday (2007), Private Collection (2008), Lovevolution (2010), Luka, Cinta, dan Merdeka (2012)

Selasa, 19 Juli 2016

Masa Pubertas adalah Masa Remaja

Jika mengingat masa pubertas, tentu orang akan membayangkan suatu masa di mana pada masa remaja itu seseorang mulai tumbuh dan berubah dari anak-anak menuju dewasa. Dan di masa puber pula orang akan merasa kalau saat itu adalah masa remaja yang sangat menyenangkan. Mungkin juga masih banyak lagi permasalahan yang ada pada masa-masa itu.

Masa Pubertas itu normal


Periode terjadi saat masa-masa pubertas itu bervariasi tergantung dari individu masing-masing. Bisa saja puber datang lebih awal atau mungkin justru terjadi sebaliknya. Umumnya pubertas cewek dimulai antara usia 7-13 tahun sedangkan untuk cowok terjadi antara usia 9-15 tahun.

Pubertas terjadi karena sifat alamiah manusia dimana produksi hormon testosteron pada cowok dan estrogen pada cewek meningkat. Dengan adanya perubahan ini dapat berpengaruh pada masalah bau badan serta timbulnya jerawat.

Masa pubertas ditandai dengan adanya perubahan dari fisik maupun non fisik. Perubahan dari fisik, misalnya pada cewek akan tumbuh payudara, mulai menstruasi. Sementara ada cowok bisa tumbuh kumis, tumbuh jakun, suara sampai mimpi basah. Dan perubahan fisik secara umum pada keduanya adalah mulai tumbuh rambut di ketiak, kemaluan, dll.

Sementara itu untuk perubahan nonfisik adalah mulai tertarik dengan lawan jenis, juga memikirkan hal-hal yang tabu.  Selain itu, akan muncul sikap ingin diakui oleh lingkungan sekitar sampai muncul permasalahan emosi lainnya.

Remaja gaul nggak perlu kuatir dengan masa pubertas karena hal ini normal terjadi pada setiap cowok dan cewek yang secara seksual mulai matang, proses tubuh dalam mempersiapkan perkembangan alat reproduksi. 

Senin, 18 Juli 2016

Racun Ngeri di Saat Menstruasi

Bagi cewek yang udah ngalamin menstruasi pasti ribet dan merasa nggak nyaman, bukan? Lazimnya emang gitu, udah kodratnya bagi cewek. Tapi pernah nggak, kamu ngalamin demam tinggi mendadak, muntah-muntah, atau pusing hebat saat datang mens? Hati-hati, ada racun ngeri di saat menstruasi atau kena toxic shock syndrome.

Toxic shock syndrome atau sindroma kejutan racun emang jarang diomongin, selain istilah baru juga jarang terjadi pada cewek. Tapi, meski langka bukan berarti dapat diabaikan begitu saja. Apalagi penyakit ini bisanya menimpa cewek yang lagi menstruasi karena bakteri yang ngumpul di miss v dan pada gilirannya ngereproduksi racun dalam tubuh. Kedengarannya udah ngeri banget.

Racun Ngeri di Saat Menstruasi


Racun Ngeri di Saat Menstruasi


Gejala- gejala sindroma kejutan racun antara lain: demam tinggi mendadak, mual atau muntah-muntah, diare, sakit pada persendian, pusing, tekanan darah rendah atau ruam merah pada kulit. Bagi cewek yang ngalamin gejala-gejala tersebut mesti lekas ngeluarin tampon atau pembalut dari miss v saat menstruasi.

Sejauh ini, banyak peneliti percaya bahwa sindroma kejutan racun berkaitan sama gimana tampon digunain. Tampon musti menyerap darah hingga basah agar bisa ditarik dari vagina saat benangnya di tarik. Padahal hal ini cuman bisa terjadi kalau tampon nggak kelewat nyerap darah menstruasi. Karena tampon yang terlalu menyerap bakal bikin vagina kering. Selain itu gesekan antara tampon dan dinding vagina bisa menyebabkan robekan kecil sehingga bikin bakteri leluasa menyusup ke dalam tubuh.

Selanjutnya, nggak ada yang lebih tepat selain segera pergi ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk segera meminta perawatan secepatnya. Kenapa sih musti buru-buru? Sebab pada banyak kasus sindroma kejutan racun (toxic shock syndrome) bisa menyebabkan kematian bagi sejumlah cewek karena ada racun ngeri di saat menstruasi.

Copyright © SEO Gaul