Catatan manasuka online belajar ngeblog dan apa saja

13 September 2012

Resiko Custom Domain di Blogspot

Resiko Custom Domain di Blogspot atau mengganti nama subdomain blogspot dengan nama domain sendiri, sebenarnya sama beresiko dengan men-direct suatu halaman website ke nama domain baru. Jika ingin custom domain di blogspot, perlu dipertimbangkankan hal-hal berikut: 
Resiko Custom Domain di Blogspot
  1. Resiko Custom Domain di Blogspot adalah blog akan dianggap sebagai blog baru, otomatis memerlukan peng-indeks-an oleh mesin pencari. Memang hasil indeks pencarian yang telah ada (subdomain blogspot lama) tidak hilang dan terjadi kode 404 serta akan diarahkan ke domain blog baru selama url tersebut belum dihapus atau dimodifikasi. Namun dibutuhkan submit kembali ke mesin pencari agar nama domain baru terindeks. 
  2. Resiko Custom Domain di Blogspot juga akan terjadi perubahan pada Alexa rank dan PageRank. Mengingat blog kita dianggap baru Alexa Rank dan PageRank akan kembali dari awal. Perlu waktu dan optimasi lagi untuk mengembalikan posisi Ranking. Biasanya sekitar 1 – 3 bulan akan tampak perubahan, bagus atau tidaknya tergantung cara mengoptimalkan blog kita (sama dengan teknik SEO untuk blog baru).
  3. Resiko Custom Domain di Blogspot akan berdampak pada penurunan kecepatan peng-indeks-an mesin pencari. Bila dulunya blog telah mendapat PR Google dan cepat terindeks, sekarang mungkin perlu beberapa jam bahkan hari agar artikel blog dapat terindeks Google. Masalah ini akan kembali seperti semula seiring dengan perkembangan blog. 
  4. Resiko Custom Domain di Blogspot untuk sementara akan mengakibatkan trafik kunjungan menurun. Biasanya trafik blog berasal dari mesin pencari Google, namun ketika merubah subdomain blogspot ke custom domain, hasil peng-indeks-an halaman blog lama di data base google akan di- redirect 301 (permanet redirect) oleh blogspot ke domain baru. Ini memerlukan tahap dan waktu karena akan dihapus dan diganti dengan nama custom domain yang telah diajukan. Masa transisi ini akan menyebabkan pengunjung blog kita menurun untuk sementara waktu. 
  5. Resiko Custom Domain di Blogspot untuk pembaca setia blog adalah hilangnya langganan artikel melalui Feed (Permanent).Perubahan URL blog menyebabkan alamat feed blog juga berubah. Pelanggan lama tentunya akan mendaftar ulang dengan alamat feed blog yang baru, jika ingin kembali berlangganan. 

Sebagian Resiko Custom Domain di Blogspot di atas, perlu dipikirkan lagi jika blog Anda telah lama, banyak artikel, trafik bagus, dapat PR, dsb. Lebih baik buat blog baru atau punya blog lama tetapi tidak terurus dengan baik, tidak ada salahnya custom domain blogspot dengan nama domain pilihan kita sendiri. Punya nama blog sedikit berbeda dengan yang lain dapat menaikkan prestige blog dengan biaya yang ringan melalui blogspot.

Baca pengalaman saya: mengganti subdomain blogspot



0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.

Copyright © Catatan SEO Kecil