Catatan manasuka online belajar ngeblog dan apa saja

29 September 2012

Cara Cek Blog Kena Sandbox Google

Cara Cek Blog Kena Sandbox Google
Cara Cek Blog Kena Sandbox Google untuk mengetahui apakah blog artikel sudah terindeks oleh mesin pencari google atau tidak. Kotak pasir (sandbox) berbeda dengan kena banned atau de-index sebagai akibat pelanggaran yang telah ditetapkan aturan Google search Engine.

Sandbox Google hanya sekedar hukuman dengan tidak menampilkan hasil pencarian Google secara umum dengan kata kunci tertentu. Artinya, jika anda menuliskan kata kunci yang sangat spesifik pun, artikel blog kita tidak tampak di SERP. Padahal blog sudah cukup lama dan sudah ter-indeks sebelumnya, bahkan beberapa artikel bisa tampil di “page one”.

Cara Cek Blog Kena Sandbox Google


Pertama, Cara Cek Blog Kena Sandbox Google secara sederhana dapat dilakukan dengan: pertama kali coba menuliskan query “site:namadomainanda.com” (tanpa tanda petik) di kotak pencarian google. Jika ada hasil, berarti blog Anda masih terindeks. Berbeda dengan jika muncul hasil 
“Penelusuran Anda - site:namadomainanda.com - tidak cocok dengan dokumen apa pun.” 
Bisa jadi blog Anda di banned (noindex) jika sebelumya sudah pernah ter-indeks (blog lama) atau blog masih relatif baru dan belum terdaftar di Google atau juga melarang Google untuk mengindeks blog Anda.

Coba tuliskan lagi, judul artikel blog atau url lengkap artikel (dengan tanda petik) kata kunci yang spesifik yang menurut Anda belum ter-indeks atau kena sandbox. Misalkan: “perlukah belajar seo” atau lebih spesifik lagi: http://lenterakecilku.blogspot.com/2012/02/perlukah-belajar-seo.html Lihatlah hasilnya. Apakah artikel Anda terdapat di halaman-halaman awal atau justru muncul hasil untuk artikel lain blog Anda? Jika ada artikel tersebut, berarti tidak kena sandbox.

Jika tidak ada, coba sekali lagi dengan memambahkan query site:, misalkan: “site:http://lenterakecilku.blogspot.com/2012/02/perlukah-belajar-seo.html” atau “site:http://lenterakecilku.blogspot.com perlukah belajar seo” Jika di SERP ada, bisa jadi artikel kena Sandbox Google. Artinya artikel telah ter-indeks, namun posisi entah dimana atau tidak ditampilkan jika menggunakan keyword normal.

Kedua, Cara Cek Blog Kena Sandbox Google dengan menggunakan tool online dari website penyedia Sandbox checker. Salah satu website yang menyediakan tool sandbox checker tersebut adalah http://www.searchenginegenie.com/sandbox-checker.htm

Cukup mudah dalam menggunakan tool ini, isi link website kita dan kata kunci (artikel atau blog) kita. jangan lupa untuk mengisi captcha. Klik submit, dan tunggu sejenak, maka hasilnyanya akan ditampilkan. Jika Result-nya "Your site not in google sandbox" maka berarti website yang kita cek tersebut tidak kena sandbox google.

Catatan: Berhubung saya belum pernah mengalami, artikel ini tidak membahas penyebab atau cara keluar dari sandbox. Lain kali akan saya share pengalaman rekan-rekan yang pernah kena sandbox Google.


0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.

Copyright © Catatan SEO Kecil