Catatan manasuka online belajar ngeblog dan apa saja

12 April 2012

Komputer Apple Mac Diserang Trojan

Apple Mac OS
Trojan Flashback menyerang Apple Mac. Komputer Mac sebenarnya dinilai cukup aman dari serangan program jahat. Namun bukan berarti sepenuhnya bebas dari virus sehingga kewaspadaan tetap diperlukan. 

Menurut lembaga sekuriti Rusia, Dr Web, infeksi trojan tersebut sudah melanda sekitar 600 ribu komputer Mac. Lembaga ini menemukannya tersebar di seluruh dunia. Di Inggris ditemukan 12%, 19% di Kanada, dan lebih dari 50% di AS dan sisanya di negara-negara lain. 

Program jahat ini pertama kali diidentifikasi pada September 2011. Ia menyamar sebagai plugin installer Adobe Flash Player palsu, namun dalam beberapa bulan terakhir mengeksploitasi lubang keamanan di Java. Sekali terinstall, Flashback akan menginjeksi kode ke browser web dan aplikasi lainnya seperti Skype untuk mencuri password pengguna dan juga informasi lainnya. 

“Sistem terinfeksi dengan Trojan BackDoor.Flashback.39 setelah pengguna diarahkan ke situs palsu dari sebuah sumber yang terganggu atau via sistem distribusi trafik,” kata Dr Web. “Kode Java dipakai untuk mengunggah applet Java yang mengandung gangguan itu. Analis virus Doctor Web telah menemukan sejumlah besar situs web yang mengandung kode tersebut.” 

Dr Web menambahkan bahwa mereka telah mendengar dari “sumber-sumber” bahwa mungkin ada empat juta web page yang terganggu di Google SERP dan kasus-kasus infeksi ketika mengunjungi dlink.com. 

Angka yang diklaim Dr Web itu masih dipertanyakan, dan dalam pesan di Twitter Mikko Hyponnen dari F-Secure menautkan laporan dengan angka itu dengan komentar, “Kami tidak bisa mengonfirmasikan atau menyangkal angka tersebut.” 

Apple telah memperbaiki lubang kerentanannya dalam update Mac OS X yang paling baru. Mereka baru saja merilis tambalan untuk OS X 10.6 (Snow Leopard) dan 10.7 (Lion).


0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.

Copyright © Catatan SEO Kecil