Pasar harus cukup besar untuk mewakilkan peluang-peluang yang nyata untuk kontribusinya kepada tujuannya perusahaan biasanya penjualan yang menguntungkan tapi bukan organisasi nirlaba mungkin punya tujuan lain. Pada waktu yang bersamaan pemasar harus mengidentifikasi ancaman yang berhubungan dengan peluang tersebut.
Aktivitas dasar pemasaran:
- Identifikasi pasar potensial
- Menyusun produk baru
- Koordinasi dengan masing-masing fungsional pada organisasi
- Membangun harga yang pantas
- Membangun dan mengkoordinasi sistem distribusi
- Membangun program komunikasi efektif
- Membangun program riset.
Setelah dapat mengidentifikasi pasar potensial, pemasar harus menyusun produk (barang, jasa dan ide) untuk mempertemukan kebutuhan dari pasar. Lalu pemasaran harus dapat mengkoordinasi denga masing-masing fungsional dalam organisasi untuk meyakini bahwa barang atau produk sudah dirancang dengan baik.
Pemasar harus membangun harga yang pantas dan sesuai lalu pemasar harus membangun dan mengkoordinasi sistem distribusi agar memastikan bahwa produk dapat dibeli dengan mudah oleh konsumen. Lalu para pemasar harus dapat membangun program riset untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan. Masing-masing aktivitas membangun program pemasaran pemasaran secara keseluruhan yang membutuhkan informasi.
Informasi ini dibutuhkan untuk mendukung manajer pemasaran harus disiapkan dalam arus yang berkesinambungan yang menyangkut informasi untuk mendukung implementasi dan perencanaan dari kunci aktivitas pemasaran. Aktivitas ini dapat menghasilkan pengembangan dari marketing mix. Marketing mix ini dapat kita kenal sebagai 4P’s atau 7P's dari marketing.
Unsur–unsur marketing Mix baik itu 4P's maupun 7P's tersebut adalah:
- Produk
- Price
- Promotion
- Place
- Partisipant/ People
- Proses
- Physical Evidence
Aktivitas Dasar Pemasaran - Manajemen Pemasaran
0 komentar:
Posting Komentar
Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.