Algoritma Google Mobilegeddon

Algoritma Google Mobilegeddon telah diluncurkan pada 21 April 2015 yang lalu, intinya sangat sederhana yaitu: jika website Anda ramah ponsel (mobile firendly), akan berpengaruh pada peringkat di SERP Google. Google sendiri telah menginformasikan sebelumnya baik itu lewat email dengan subjek "Perbaiki masalah kegunaan ponsel ditemukan di situs ...." dan di Google Webmater Tools  dalam beberapa minggu terakhir sudah melihat laporan penambahan item Ponsel Usability di bagian Cari Lalu Lintas.

Algoritme Google Mobilegeddon


Seberapa penting Algoritma Google Mobilegeddon pada peringkat dalam pencarian mobile?

Coba periksa trafik kunjungan ke situs Anda, jika kunjungan lebih banyak berasal dari perangkat mobile, bisa menjadi pengaruh besar terhadap jumlah visitor kalau mengabaikan Mobilegeddon. Di sebagian besar negara-negara barat, 50-60% dari pencarian yang dilakukan pada perangkat mobile, dan jumlah itu meningkat setiap tahun. Dengan tidak adanya peringkat baik di hasil pencarian perangkat mobile berarti situs Anda akan mengalami penurunan kunjungan. Terutama bagi situs bisnis yang kini mengandalkan perangkat mobile sebagai sarana mendulang pengunjung.

Dampak Algoritma Google Mobilegeddon dalam pencarian desktop?

Dari beberapa blog yang saya miliki, tidak ada perubahan yang signifikan atas Update Mobilegeddon ini, karena pengunjung lebih banyak datang dari pencarian deskstop. Akan tetapi (asumsi saya) Mobilegeddon bisa berdampak tidak langsung terhadap hasil SERP di desktop karena Google menggunakan klik tayang (RKT) dari hasil pencarian sebagai faktor peringkat. Jika 50% dari pencarian berasal dari ponsel juga adanya klik link di ponsel, kemungkinan akan memperkuat posisi SERP desktop dalam jangka panjang.

Kesimpulan
  1. Jika ingin terus diperhatikan Google, ikuti Algoritma Google Mobilegeddon dengan mengubah situs Anda menjadi responsive. Cek di sini: https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/
  2. Algoritma Mobilegeddon adalah untuk pencarian di perangkat mobile bukan desktop, untuk membantu meningkatkan pengalaman pencarian mobile pengguna secara keseluruhan.
  3. Namun perlu diingat juga Mobilegeddon hanya sebagai salah satu faktor SEO, masih banyak faktor lainnya. Jangan berharap setelah situs mobile friendly, posisi SERP langsung naik, kunjungan meningkat, dll.
  4. Wikipedia saja tidak (belum) mobile-friendly tapi masih tetap ramai dan SERP masih bagus

Algoritma Google Mobilegeddon

0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.