Situs Mesin Pencari Ask.com


Situs Mesin Pencari Ask.com
Situs mesin pencari Ask.com awalnya diluncurkan pada tahun 1996 dengan nama Ask Jeeves, dan merupakan situs pencari yang paling dikenal sebelum era Google saat ini. Di era puncak popularitasnya, mesin pencari Ask.com telah menjawab dua juta pencarian per harinya. Maskot dari website ini, Jeeves the Butler, dikenal oleh banyak orang.

Pada tahun 1999, perusahaan tersebut melakukan IPO (Initial public offering) di saat dimana era internet dot com mulai populer, dan berjalan dengan baik. Namun beberapa tahun kemudian, search engine Google merebut kemenangan persaingan dengan Ask.com. Akhirnya pada tahun 2005 Ask.com dibeli oleh konglomerat internet InterActiveCorp (IAC) sebesar USD1,85 miliar.

Pada tahun 2010, lima tahun kemudian, IAC sebagai pemilik Ask.com, belum menemukan cara agar mampu  bersaing dengan mesin pencari lain. Sampai ada berita yang mengejutkan, seperti yang dikutip dari Mashable, Rabu (10/11/2010) “Hari ini (10/11-2010) adalah hari terakhir search engine Ask.com  sebagai layanan mesin-pencari. Website mesin pencari yang dulunya adalah salah satu terbesar di dunia ini kini merelakan para pegawainya untuk pindah ke Google dan Microsoft.”

Layanan berita keuangan Bloomberg juga menyebutkan bahwa, IAC akan menghentikan sebagian pegawainya di New Jersey dan China, serta menghentikan pengembangan teknologi pencarian algoritma mereka, dan kembali fokus pada layanan Question dan Answer (Q&A) yang sudah diluncurkan pada musim panas 2010.

Search engine Ask.com yang dimiliki oleh IAC ini masih merupakan salah satu destinasi utama di internet dan revenue nya telah naik 20 persen sampai USD205 juta. Pasar situs mesin pencari sangat ketat, Ask.com tidak kuat melawan para pesaingnya yang secara konstan selalu meluncurkan fitur-fitur baru.

Namun sampai saat ini, situs mesin pencari Ask.com belum  mengakhiri layanan mesin pencarinya, tetap bersaing dengan  search-engine milik Google dan Microsoft.

0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.