Pengertian Dasar Blog dan Blogging

blog blogger blogging
Blogging (istilah bahasa Indonesia Ngeblog) merupakan kegiatan yang berkaitan dengan blog. Blogging juga dapat digunakan sebagai kata kerja, yang berarti untuk mengelola atau menambahkan konten ke blog. 

Blog adalah singkatan dari weblog sebuah bentuk aplikasi web yang berisi tulisan-tulisan (posting) pada halaman web umum. Istilah weblog diperkenalkan oleh Jorn Barger tanggal 17 Desember 1997, kemudian oleh Peter Merholz ketika menulis di sidebar blog peterme.com menyingkat weblog dengan nama blog pada bulan April atau Mei 1999. Tak lama kemudian, Evan Williams dari Pyra Labs menggunakan "blog" baik sebagai kata benda dan kata kerja dan merancang istilah "blogger" karena berhubungan dengan produk Pyra Labs yaitu Blogger.com, yang sekarang telah diambil alih Google.(referensi)



Awalnya, weblog atau blog untuk memperbarui komponen umum situs Web (yang biasanya statis) agar menjadi dinamis. Namun, perkembangan blog yang semakin pesat hampir dapat menyaingi keberadaan situs web karena Blog memiliki fungsi yang bermacam-macam mulai dari hanya sebuah catatan pribadi sampai dengan media informasi perusahaan dan umumnya banyak dikelola secara pribadi, meski sebagian oleh beberapa penulis. Blog juga menjadi lebih interaktif dengan pengguna internet karena tersedianya kolom komentar atau buku tamu. 

Bahkan kini, kegiatan blogging telah digunakan untuk mencari penghasilan utama maupun tambahan karena saat ini ada banyak sekali aplikasi blog yang mempermudah para blogger untuk mengelola blognya. Sehingga muncul istilah blogger profesional, atau problogger. 

Karena perkembangan blog semakin meluas, maka muncul komunitas blogger sebagai sebuah ikatan yang terbentuk berdasarkan persamaan tertentu, seperti asal daerah, platform blog, hoby, topik dan sebagainya, dan kadang mengadakan kegiatan temu muka. 

Selain itu, blog juga dapat menimbulkan sisi negatif dengan adanya kebebasan berbagi informasi dengan berbagai macam topik yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku kejahatan, hacker, untuk mencari sumber informasi dari berkas-berkas rahasia atau penulisan isu sensitif yang ditemukan dalam blog.

0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.