Catatan manasuka online belajar ngeblog dan apa saja

17 April 2012

Membuat Blog Dummy

Blog Dummy merupakan bagian penting dalam optimasi SEO untuk mengangkat SERP blog utama kita. Sebagai offpage SEO, blog dummy akan memberi dan meningkatkan kualitas backlink blog utama sesuai target kata kunci yang kita targetkan. 

Apa yang dimaksud dengan Blog Dummy? Pengertian kata dummy banyak mengandung arti, namun dalam hal ini (SEO) blog dummy dapat diartikan blog bantuan. Blog dummy dibuat dengan tujuan menbantu blog utama kita agar semakin kuat posisinya di search engine, terutama google. Dengan blog dummy kita bebas untuk membuat link di artikel blog maupun blogroll karena blog dummy ini milik kita sendiri. Berbeda apabila kita menaruh link di komentar atau forum atau blog lainnya, tentu ada aturannya. 

Langkah Efektif membuat Blog dummy

  1. Membuat blog dummy itu seperti membuat blog biasa, bisa yang gratis atau berbayar. Hanya saja, karena merupakan blog bantuan, sebaiknya pilih tema yang ringan dan sederhana. Semakin banyak dummy blog yang di miliki, semakin besar pula kesempatan kita untuk membantu blog utama. 
  2. Usahakan blog dummy berbeda IP address dengan blog utama juga dengan blog dummy lainnya. Misalnya kalau blog utama memakai blogspot pilih blog dummy wordpress, blog.com, blogdetik, dsb. (cari di Google dengan keyword free blog hosting ) 
  3. Jika target blog utama menggunakan bahasa Indonesia, isi blog dummy tersebut dengan artikel berbahasa Indonesia. Usahakan artikel original dan sering diupdate, minimal tiga hari sekali. Lebih bagus lagi blog dummy setopik dengan blog utama. 
  4. Blog dummy juga butuh backlink yang bagus. Alasannya adalah, blog dummy akan memberikan backlink yang bagus kalau blog dummy itu bagus. 
  5. Perlu diperhatikan blog utama jangan mengarah (memberi link) ke blog dummy, sebaliknya semua blog dummy mengarah ke blog utama. Dan blog dummy mempunyai kaitan searah dengan blog dummy yang lain, bukan timbal balik. Misal blog A -> blog B -> blog C ->blog D ->blog A. 
membuat blog dummy


Memaksimalkan Blog Dummy 

Meskipun blog dummy sering dikatakan juga sebagai blog bayangan, blog abal-abal, namun kekuatan blog dummy perlu diperhatikan. Banyak blogger ketika membuat blog dummy sebagai penunjang SEO blog utama, maka membuat blog dummy hanya untuk mesin pencari, sehingga membuat artikel kacau balau dengan penyusunan kalimat comot sana comot sini sehingga membentuk artikel. Mereka berpikir artikel hanya dibaca oleh mesin pencari bukan manusia, yang penting link sudah ditautkan. Ini kerugian besar. 

Blog dummy juga merupakan sebuah blog seperti yang lain, perlu pengelolaan dengan baik. Kalau kita membuat blog dummy layaknya blog utama, dengan konten unik, trafik kunjungan banyak maka kemungkinan mendapat PR dari google maupun ranking Alexa semakin luas. Percaya atau tidak, 10 blog dummy yang ber PR 2 akan membuat blog utama mempunyai (min) PR 5. 

Di sisi lain, apabila blog dummy berlaku baik, banyak orang tidak mengetahui status blog tersebut yang hanyalah sebuah blog dummy. Dan kita bisa mendapatkan menghasilkan uang dengan memasang iklan, PPC, review paid, maupun menjual blog tersebut. 

Banyak situs terkenal terutama situs bisnis membuat blog dummy tanpa kita ketahui. Buat dan kelola blog dummy dengan serius dan sabar. Memang dalam belajar teknik seo kita harus sabar dan teliti. Semoga tips membuat blog dummy ini bisa membawa manfaat untuk semua yang lagi belajar termasuk saya.



0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.

Copyright © Catatan SEO Kecil