Catatan manasuka online belajar ngeblog dan apa saja

24 April 2012

Link Nofollow di Mata Google

Untuk blog atau link nofollow masing-masing mesin pencari mempunyai cara berbeda untuk menanganinya. Atribut nofollow sebagai pemberitahuan kepada robot mesin pencari supaya jangan mengikuti link di halaman ini.

Link Nofollow di Mata Google


Biasanya atribut nofollow terletak di meta tag (head) halaman blog, dan merupakan perintah kepada mesin pencari untuk tidak mengikuti dan merayapi setiap link keluar pada halaman blog. 
Sebagai contoh:  <meta name="robots" content="nofollow" />

Awalnya atribut nofollow digunakan link individual, untuk mencegah robot mengikuti link pada halaman individu, misalnya, link ke URL yang diblokir robots.txt.

Dalam kasus tertentu, misalkan masalah keamanan blog, perlu pemblokiran url agar tidak dirayapi mesin pencari. Sebagai contoh: <a href="signin.php" rel="nofollow"> masuk </ a>. Jadi halaman signin.php tidak terrayapi robot mesin pencari. 

Karena jika usaha dilakukan satu per satu, tidaklah praktis maka itulah sebabnya nilai rel atribut nofollow atribut dibuat. Hal ini juga memberikan kontrol lebih rinci dan mudah kepada webmaster untuk menginstruksikan robot tidak merangkak link tertentu. 

Bagaimana cara Google menangani link nofollow 

Secara umum, Google tidak mengikuti link nofollow. Pada dasarnya, penggunaan atribut nofollow menyebabkan google untuk menngabaikan link target dari grafik blog secara keseluruhan. Ini berarti bahwa Google tidak mengalihkan PageRank atau teks jangkar di link ini. 

Namun, halaman target masih dapat muncul dalam indeks Google jika link tanpa menggunakan nofollow , atau jika URL disampaikan kepada Google dalam peta situs. Dengan kata lain jika kita menempatkan link blog kita di blog nofollow, Google masih meng-indeks link kita hanya saja tambahan Pagerank tidak kita dapat.


0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.

Copyright © Catatan SEO Kecil