Catatan Manasuka Online

Selasa, 19 Juli 2016

Masa Pubertas adalah Masa Remaja

Jika mengingat masa pubertas, tentu orang akan membayangkan suatu masa di mana pada masa remaja itu seseorang mulai tumbuh dan berubah dari anak-anak menuju dewasa. Dan di masa puber pula orang akan merasa kalau saat itu adalah masa remaja yang sangat menyenangkan. Mungkin juga masih banyak lagi permasalahan yang ada pada masa-masa itu.

Masa Pubertas itu normal


Periode terjadi saat masa-masa pubertas itu bervariasi tergantung dari individu masing-masing. Bisa saja puber datang lebih awal atau mungkin justru terjadi sebaliknya. Umumnya pubertas cewek dimulai antara usia 7-13 tahun sedangkan untuk cowok terjadi antara usia 9-15 tahun.

Pubertas terjadi karena sifat alamiah manusia dimana produksi hormon testosteron pada cowok dan estrogen pada cewek meningkat. Dengan adanya perubahan ini dapat berpengaruh pada masalah bau badan serta timbulnya jerawat.

Masa pubertas ditandai dengan adanya perubahan dari fisik maupun non fisik. Perubahan dari fisik, misalnya pada cewek akan tumbuh payudara, mulai menstruasi. Sementara ada cowok bisa tumbuh kumis, tumbuh jakun, suara sampai mimpi basah. Dan perubahan fisik secara umum pada keduanya adalah mulai tumbuh rambut di ketiak, kemaluan, dll.

Sementara itu untuk perubahan nonfisik adalah mulai tertarik dengan lawan jenis, juga memikirkan hal-hal yang tabu.  Selain itu, akan muncul sikap ingin diakui oleh lingkungan sekitar sampai muncul permasalahan emosi lainnya.

Remaja gaul nggak perlu kuatir dengan masa pubertas karena hal ini normal terjadi pada setiap cowok dan cewek yang secara seksual mulai matang, proses tubuh dalam mempersiapkan perkembangan alat reproduksi. 

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © SEO Gaul