Catatan manasuka online belajar ngeblog dan apa saja

04 Februari 2013

Backlink dan Pagerank Jangan Hiraukan dulu


backlink
Backlink dan Pagerank jangan hiraukan dulu, meskipun merupakan salah satu untuk menentukan posisi di mesin pencari google. Masih banyak faktor lain yang ikut menentukan, mungkin puluhan bahkan ratusan kriteria, dalam menentukan SERP google, yang kita sendiri hanya bisa meraba-raba. Google memang menutup mulut rapat-rapat. 

Hanya saja panduan Google webmaster dapat sedikit memberi keterangan untuk menentukan kualitas blog atau artikel agar googlefriendly. Baca Saran Google Tentang Kualitas Website

Sekarang yang terpenting buat blog yang berkualitas terlebih dahulu, terutama untuk blogger-blogger baru yang memulai ngeblog. Urusan backlink dan pagerank jangan hiraukan dulu. Meski SEO penting untuk kelanjutan blog, namun menciptaan blog yang berkualitas sebagai dasar awal perlu diperhatikan.

Pondasi blog yang kuat merupakan dasar untuk melangkah selanjutnya. Keajaiban candi Prambanan yang konon hanya dibuat semalam nggak berlaku pada blogging. Ngeblog butuh proses, bukan baru saja membuat blog besoknya berharap harus berada di halaman awal mesin Google. 

Dari pada mengurusi backlink dan pagerank, lebih baik belajar membuat artikel yang menarik dan bermanfaat bagi pengunjung. Terus posting sebanyak-banyaknya dengan artikel berkualitas. Terlebih, menurut beberapa webmaster, mempunyai backlink banyak namun sedikit pengunjung akan berbahaya

Lagi pula, misalkan kita mempromosikan blog kita kepada pengguna internet, entah submit ke jejaring sosial, bookmark maupun promosi lainnya, sedangkan artikel hanya itu-itu saja, bagaimana pengunjung akan betah? Tawarkan banyak artikel menarik lainnya. 

Seiring waktu berjalan, dengan kualitas konten blog yang menarik, sedikit demi sedikit pasti ada perubahan yang tampak, pengunjung semakin banyak, Alexa rank semakin mengecil dan Page rank akan datang. 

Apalagi muncul algoritma mesin pencari Google yang baru yaitu Google Penguin yang mengutamakan “pemberantasan” blog webspam dan akan lebih menghargai orang membuat sebuah blog menarik, unik dan orisinal. 

Terserah Anda mau memulai yang mana? Artikel berkualitas yang banyak atau backlink yang banyak.


4 komentar:

  1. Setuju Banget Ni Kang,Infonya Bagus Dan Jelas

    BalasHapus
  2. asli keren,,, bener,, om,, hehehe,,, mau ngerjain BAB3 malah baca blog ini sampe sakit ni leher :p

    BalasHapus
  3. iya sob benar, saya saja yang punya backlink sedikit tapi akhirnya punya juga pagerank, hehehe

    BalasHapus
  4. wah berarti aku udah salah dari awal dong ya, blog baru langsung cari bl

    BalasHapus

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.

Copyright © Catatan SEO Kecil