Mendaftar Google Adsense di blogspot

UPDATE: Fasilitas Mendaftar Google Adsense di blogspot sudah di nonaktifkan

Mendaftar Google Adsense di blogspot sekarang bisa dilakukan. Mulai bulan Februari 2012 Google adsense sudah mendukung bahasa Indonesia, kesempatan mendapat dollar sekarang bisa dinikmati para blogger Indonesia dengan blognya yang berbahasa Indonesia. Tidak terkecuali blogger yang memakai Blogspot bisa mendaftarkan diri menjadi publisher atau penayang iklan Google adsense.
Cara mendaftar Google Adsense di blogspot dapat melalui dashboard blogger. Ketika kita mengajukan permohonan ke Google adsense, pertama kali kita diminta memasukkan blog/website yang akan didaftarkan. Apabila kita memasukkan URL dengan platform Blogspot, ada petunjuk tulisan yang berisi ”daftar langsung melalui blogspot atau blogger”.
Awalnya saya kesulitan mencari tab/link yang berhubungan dengan Adsense, pada dashboardnya tidak ada tab monetize atau earning atau uangkan atau penghasilan sesuai dengan petunjuk support blogger. Dulu Tabs monetize pada blogspot ada ketika masih memakai bahasa Inggris, setelah blogger support bahasa Indonesia, tidak lama kemudian tab tersebut hilang. Lantas kini Google adsense yang sudah support bahasa Indonesia diberlakukan, kenapa tab monetize tidak muncul?
Cara mendaftar Google Adsense di blogspot dengan menampilkan menu tabs monetize atau uangkan atau penghasilan di blogspot ternyata sungguh mudah. Yaitu: dengan mengganti format settingan bahasa Indonesia ke dalam bahasa Inggris. Caranya pada dashboard blogspot versi lama pilih Setting > Formatting > terus ubah bahasa (language) menjadi English, kemudian simpan perubahan (save). Kalau menggunakan tampilan blogspot terbaru (versi bahasa Indonesia) pilih: setelan > bahasa dan pemformatan > ubah ke bahasa Inggris. (lihat gambar) kemudian simpan perubahan dan refresh brower.
Mendaftar Google Adsense di blogspot
setelan di tampilan dashboard blogger terbaru
Tap Monetize atau uangkan atau penghasilan akan muncul untuk  mendaftar Google Adsense di blogspot .
Mendaftar Google Adsense di blogspot
tab penghasilan di tampilan dashboard blogger terbaru

Analisa saya, sebelumnya Google adsen tidak support atau belum mendukung blog dengan bahasa Indonesia dan tentu saja pada dashboard blogspot dengan setingan bahasa Indonesia tidak ada tab Monetize. Mungkin pada akhirnya Tab penghasilan akan muncul dalam setting bahasa bahasa Indonesia di dashboard blogspot.
Segera isi data-data yang ada di google adsense. Di sini saya tidak membahas cara diterima atau tidaknya akun google adsense melainkan cara mendaftar Google Adsense di blogspot. Semoga membantu.


UPDATE: Fasilitas Mendaftar Google Adsense di blogspot sudah di nonaktifkan

0 komentar: