Tempat Wisata Musim Dingin di Indonesia

Bagaimana rasanya berlibur ke tempat wisata musim dingin di Indonesia? Eiit tunggu dulu! Anda jangan berpikiran kalau ini adalah tempat bersalju ya! Sebab, tempat bersalju di Indonesia hanya dapat ditemui di puncak Jaya Wijaya propinsi Papua. Tempat wisata yang dimaksud ini adalah tempat-tempat wisata yang berhawa dingin meskipun berada dalam musim panas, hawanya tetap terasa dingin. Berikut tempat wisata bersuhu sangat dingin yang ada di Indonesia!

Kota Batu, Jawa Timur

Kota Batu


Kota Batu, Jawa Timur lokasinya hanya berkisar 30 menit dari kota Malang. Tidaklah heran bila sampai saat ini kota Batu masih dianggap bagian dari kota Malang. Kota yang juga terkenal sebagai kota agrowisata ini dikelilingi pegunungan, antara lain: Bromo, Semeru, Kelud dan gunung Arjuno. 

Bisa dibayangkan bukan betapa dinginnya kota ini?! Bukan hanya objek wisata alam saja, objek wisata bermuatan edukasi juga banyak terdapat di kota Batu ini. Meskipun berhawa sangat dingin, Anda dan keluarga dapat menghangatkan diri di kolam pemandian air panas Cangar yang sangat terkenal itu. Tidak puas rasanya bila berkunjung ke kota Batu hanya dalam satu atau dua hari saja. Sebab, banyak pemandangan alam yang indah dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Kota Berastagi, Sumatera Utara

Kota Berastagi


Masih ingat permainan monopoli? Dipermainan tersebut kota Berastagi, Sumatera Utara menjadi tujuan calon pemilik hipotek. Kota Berastagi yang berada pada ketinggian 1.300m dari permukaan laut memang terkenal sebagai daerah dingin yang memiliki objek wisata alam yang sangat menarik dan patut dikunjungi. Daerah ini diapit gunung berapi Sinabung dan Sibayah sehingga tidaklah heran bila suhu udaranya cukup menusuk tulang hingga ke sumsum. 

Ketenaran Berastagi tidak hanya objek wisata alam air terjun Sikulikap dan daerah penghasil buah-buahan, tetapi banyak juga wisatawan yang mengenalnya sebagai daerah terdekat dari danau Toba. Selain itu, hal yang menarik untuk dieksplore dari Berastagi adalah Desa Lingga dan Desa Tonggoh yang dijadikan objek wisata bermuatan sejarah.

Kota Ruteng, Nusa Tenggara Timur

Kota Ruteng


Kota kecil yang terletak di kab, Manggarai, NTT ini mungkin masih asing di telinga wisatawan. Tetapi, beberapa artikel dan jurnal pariwisata banyak mengulas daerah ini. Kota Ruteng berada pada ketinggian 1.200m dari permukaan laut banyak menyimpan objek wisata alam yang masih asli.

Kota yang berhawa dingin ini juga memiliki keunikan tersendiri yaitu bangunan pelayanan publik dan rumah penduduk banyak bergaya arsitektur Eropa. Tak heran, bila berada di Ruteng seperti berada di belahan bumi Eropa. Hal menarik dari Ruteng adalah gua Liang Bua yaitu situs peninggalan manusia purba.

Berlibur ketempat wisata musim dingin di Indonesia? Kenapa tidak?! Selain mudah dijangkau, kita pun tidak harus terbang ke negeri bersalju. Meski tak serupa dengan negeri bersalju, tapi udara kota dingin mampu membuat tubuh gemetar. Kota Batu, Berastagi, dan Ruteng layak dimasukkan ke dalam daftar kunjungan liburan terutama saat musim panas. Mulailah dari sekarang rencanakan liburan ke daerah lokal yang berhawa dingin. Selain berbiaya rendah, wawasan kita terhadap tanah air juga semakin bertambah.


Tempat Wisata Musim Dingin di Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.