Catatan manasuka online belajar ngeblog dan apa saja

31 Juli 2016

Para Pecandu Internet Adalah Remaja

Para pecandu internet adalah mereka yang sulit beranjak dari internet meski tahu telah banyak waktu dihabiskan, telah lelah tubuh duduk dihadapannya. Para pecandu ini tersebar di banyak negara, di Amerika angka kejadiannya sampai 9 juta orang, di Inggris kata sebuah penelitian 5-10 % pengguna internet adalah pecandu internet. Di Inggris dikatakan para pecandu internet umumnya berpendidikan tinggi, sangat introvert, kebanyakan laki-laki, pada perempuan adalah mereka yang berumur setengah baya berinternet dari rumah.

Remaja Para Pecandu Internet


Di Asia Pecandu Internet Adalah Remaja


Di Asia, terutama China dan Korea Selatan dilaporkan pecandu internet terbanyak adalah anak-anak remaja. Laporan Ahn Dong-hyun, seorang psikiater anak dari Hanyang University Seoul, mengatakan di Korea Selatan, sampai 30 persen pemuda berusia di bawah 18 tahun, atau sekitar 2,4 juta orang kecanduan internet.

Data dari China Internet Network Information Center (CNNIC), mengatakan 123 juta orang menggunakan akses internet, 14,9% berumur dibawah 18 tahun. Chou dan Hsiao melaporkan pecandu internet di Taiwan sebesar 5,9% dari pelajar setingkat SLTA ke bawah, sementara Wu dan Zhu mengatakan 10,6% dari pelajar mereka menjadi pecandu internet. Shan Xiuyun di Beijing menyatakan 85 kriminal remaja di kota, terkait dengan hubungan internet, sementara China Comunist Youth League melaporkan 17% warga China berumur 13-17 tahun adiksi terhadap internet.

Para psikiater menggolongkan mereka yang kecanduan internet sebagai Gangguan Kecanduan Internet. Daftar diagnosisnya secara internasional (WHO) maupun untuk Amerika (Diagnostic Statiscal Manual) dibukukan dalam diagnosis baku. Meski masih terjadi perdebatan tentang diagnosis ini, namun dari banyak penelitian terbukti, di Indonesia saja sudah ada yang berobat untuk kecanduan game internet. Block (2008) menyatakan dalam risetnya bahwa 13,7% remaja China -sekitar 10 juta orang- memenuhi kriteria diagnosis kecanduan internet.


Pecandu Internet Adalah Remaja - Lentera Gaul

0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.

Copyright © Catatan SEO Kecil