Catatan manasuka online belajar ngeblog dan apa saja

20 September 2015

Kursus Online Merupakan Pendidikan Jarak Jauh

Kursus online telah dapat membantu menjelaskan ada suatu sistem pendidikan yang berbeda dari sistem pendidikan konvensional dan kompleks. Stewart (1982) menyatakan hendaknya perbedaan antara sistem pendidikan jarak jauh dan sistem pendidikan lainnya tidak dilihat sebagai dua hal yang berbeda tanpa berhubungan sama sekali. 

Kursus Online Merupakan Pendidikan Jarak Jauh


Menurut Stewart, beragam sistem pendidikan yang ada sesungguhnya membentuk suatu garis kontinum yang terentang dari titik di mana interaksi tatap muka antara siswa dan pengajar terjadi secara terus-menerus sampai pada suatu titik di mana siswa belajar secara mandiri seperti mengikuti Kursus online bersertifikat di Indonesia. Dalam garis kontinum tersebut terdapat beragam bentuk sistem pendidikan, baik yang bernuansakan sistem pendidikan jarak jauh (online) di satu sisi (siswa mandiri dan terpisah dari pengajar), maupun yang bernuansakan sistem pendidikan konvensional di sisi lain (interaksi siswa dan pengajar secara langsung dan terus-menerus).

Jika diperhatikan secara seksama, Kursus Online Merupakan Pendidikan Jarak Jauh maka dari beragam definisi sistem pendidikan jarak jauh terlihat adanya persamaan maupun perbedaan. Masing-masing definisi mencerminkan hal-hal atau konsep-konsep yang menjadi landasan pemikiran masing-masing ahli. 

 Definisi yang diberikan Peters memiliki konsep utama proses industrialisasi pendidikan, sedangkan definisi dari Moore (1973) mengemukakan transaction distance dan otonomi siswa sebagai konsep utama. Sementara itu definisi dari Holmberg (1977) memeliki konsep utama otonomi siswa, komunikasi yang tidak terus-menerus (non-contigous) dan guided didactic conversation, sedangkan Keegan (1980) lebih menekankan adanya integrasi kegiatan belajar dan mengajar sebagai konsep utama dalam batasan yang diberikan.

0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.

Copyright © Catatan SEO Kecil