Catatan manasuka online belajar ngeblog dan apa saja

18 Februari 2013

Meta Tag Robot Mesin Pencari

Meta tag robot mesin pencari. Ada cara yang bagus untuk mengontrol perilaku robot mesin pencari dalam merayapi dan mengindeks informasi tentang situs, yaitu dengan menggunakan meta tag “robot” yang diletakkan di <head> bagian dari halaman HTML. Umumnya terlihat seperti ini:
Meta Tag Robot

<META NAME="robot" CONTENT="index,follow" />

Meta tag "robot" nilai default-nya adalah “index,follow”, artinya jika tidak membuat meta tag robot halaman situs akan bernilai "indeks, ikuti" bagi semua robot mesin pencari. Namun beberapa platform blog seperti wordpress, blogspot memberi fasilitas setting “noindex” jika situs tidak ingin ditelusuri oleh mesin pencari.

Meta tag “robot” berlaku untuk semua mesin pencari, sementara "Googlebot" adalah nama meta tag khusus untuk mesin pencari Google <meta name="googlebot" content="..., ..." />.

Meta Tag Robot Mesin Pencari 


Berikut pengertian nilai Meta Tag Robot Mesin Pencari (jika menentukan beberapa nilai, pisahkan dengan koma):
  • noindex : mencegah halaman tidak diindeks 
  • nofollow : mencegah Googlebot mengikuti link dari halaman ini 
  • nosnippet : mencegah potongan dari yang ditampilkan dalam hasil pencarian 
  • noodp : mencegah deskripsi alternatif dari ODP / DMOZ 
  • noarchive : mencegah Google menunjukkan Cached link untuk halaman. 
  • unavailable_after: [date]: memungkinkan menentukan waktu dan tanggal yang tepat jika ingin robot berhenti merangkak dan mengindeks halaman ini 
  • noimageindex : memungkinkan menentukan bahwa halaman muncul sebagai laman rujukan untuk gambar yang tampil dalam hasil pencarian Google. Dapat juga menentukan informasi ini di header halaman Anda menggunakan "X-Robots-Tag" direktif header HTTP. Hal ini sangat berguna jika Anda ingin membatasi pengindeksan non-HTML file seperti grafis atau jenis lain dari dokumen. 

Khusus untuk blogspot, fasilitas Meta tag robot mesin pencari ada di Setelan > Preferensi penelusuran > Tag header robot khusus. Sedangkan di CMS lain bisa menggunakan plugin atau cara manual.


0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.

Copyright © Catatan SEO Kecil