Blogspot Aman dari Hacker ?

Blogspot Hacker
Apakah blogspot aman dari hacker ? Jawabnya bisa ya atau tidak. Seperti yang kita ketahui, di internet apa saja bisa terjadi. Kalau dikatakan aman 100% itu tidak mungkin. Hanya saja kita tidak mengetahui apakah blogspot kena hack karena kita tidak memonitor server blogspot 24 jam terus-menerus.

Beberapa hari ini, berita dunia maya Indonesia digemparkan ulah peretas (hacker) yang meretas beberapa situs milik pemerintah. Terutama setelah situs Presidensby.info di-deface, dan merembet ke beberapa situs pemerintah lain setelah pelakunya ditangkap.

Peretas biasanya menyerang situs dengan hosting sendiri (berbayar) dan justru jarang menimpa situs yang menggunakan hosting gratis. Bukan tidak bisa, melainkan sulit menembus pertahanan server situs gratis yang biasanya berasal dari situs besar, seperti blogspot.com, wordpress.com, weebly.com, multiply.com, dan lain-lain.

Situs-situs penyedia hosting gratis memang dikhususkan untuk mengelola sebuah jaringan internet dan tentunya telah memikirkan segala kemungkinan resiko termasuk ulah hacker. Berbeda dengan situs, perseorangan, organisasi, lembaga atau kelompok yang harus berusaha mempertahankan diri dari celah lubang keamanan.

Apakah Blogspot Aman dari Hacker?


Blogspot milik Google si raksasa internet, tentunya segala kemungkinan penyusupan telah diantisipasi dengan baik. Jika tidak, kemungkinan sejak dulu Google sudah hancur. Tapi, saya yakin ribuan bahkan jutaan hacker berusaha untuk mencoba menyerang Google. Entah itu sebagai usaha untuk mencoba kelemahan sistem Google, atau mungkin ada maksud lain. Hal ini telah diperkuat dengan adanya hadiah ratusan dollar bagi seseorang (menjadi hacker) jika berhasil menemukan celah keamanan Google.

Mungkin blogspot aman dari hacker, namun bagaimana dengan pengguna blogspot? Ini yang menjadi persoalan. Saya belum pernah melihat blogspot kena deface, hanya beberapa fungsi blogspot yang tidak dapat berfungsi, entah kenapa? Yang saya pernah dengar adalah akun blogspot diambilalih oleh orang lain (hacker?) atau dinonaktifkan.

Kesalahan keamanan blogspot biasanya terletak pada pengguna blogspot itu sendiri yaitu dengan pembajakan password pemilik akun blogger yang otomatis Gmail pun kena ambil alih. Hal sama terjadi pada hosting gratis lainnya seperti wordpress.com. Jika sudah begini, karena kecerobohan, blog bisa hilang diambil orang lain.

Meski sistem blogspot dapat dikatakan aman dari hacker, namun pemilik akun dituntut memperhatikan keamanan blognya dengan memperkuat akses masuk ke blog, hanya itu. keamanan Password memegang peranan penting.

0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.