Mencegah Komentar Spam

komentar spam
Membuat sebuah komentar di blog pada dasarnya untuk membangun komunitas dengan pembaca. Sayangnya, komentar seringkali disalahgunakan oleh para spammer (arti spammer sebenarnya: seseorang yang mengirimkan email yang tidak diinginkan dalam jumlah besar). 

Banyak spammer mengunakan skrip atau software untuk membuat dan menempatkan komentar spam. Jika pernah menerima komentar seperti iklan atau komentar terdapat link ke situs yang tidak memiliki hubungan, maupun komentar (terutama berbahasa asing) yang tidak ada kaitan dengan artikel, berarti Anda sedang menerima komentar spam. Ada beberapa ide untuk mencegah komentar spam di blog Anda.

Kerugian akibat komentar spam


Komentar spam bisa memberikan kesan tidak baik tentang blog. Komentar spam terihat tidak singkron dengan topik artikel. Terkadang, spammer bisa menyelipkan link berbahaya yang mengandung virus atau malware. Jika ini terjadi, orang yang meng-klik link tersebut akan menimbulkan kerugian akibat virus atau malware tersebut. Pernah blog saya mendapat komentar dengan berisi sebuah link, yang ketika saya coba klik, internet antivirus langsung memblokir dengan identifikasi adanya trojan berbahaya. Selain itu blog bisa ditandai oleh google sebagai blog berbahaya dan akan muncul peringatan di hasil pencarian. 

Pikir kembali untuk mengaktifkan komentar, jika fasilitas ini tidak menambahkan banyak nilai pada pengunjung blog Anda, atau jika Anda tidak punya banyak waktu untuk memonitor komentar secara teratur. Lebih baik meniadakan fasilitas komentar, sebagian besar platform blog, mempunyai fitur untuk mematikan fasilitas ini. Namun jika Anda tetap menginginkan kolom komentar ada di blog, ada beberapa ide untuk mencegah komentar spam di blog Anda. 

Gunakan fasilitas anti spam


Fasilitas ini untuk membuktikan bahwa yang memberikan komentar benar-benar manusia, bukan mesin spam, seperti captcha yang meminta untuk mengetikkan huruf atau angka yang terlihat dalam gambar tersebut. Proses ini mungkin dapat mengurangi pengunjung blog untuk berkomentar, namun ini akan meningkatkan kualitas komentar. 

Moderasi komentar


Dengan mengaktifkan moderasi, komentar tidak akan muncul sebelum admin menyetujui komentar tersebut, apakah layak untuk diterbitkan. Namun proses ini mengharuskan Anda menggunakan waktu lebih banyak untuk memonitor komentar di blog. Kadang sebuah komentar mengharapkan balasan secepatnya. 

Mencegah link aktif dalam komentar


Jika Anda memiliki sedikit pengetahuan tentang kode-kode html, php,dsb. Anda bisa mengubah konfigurasi untuk menghapus tag HTML untuk link di dalam komentar atau bukutamu Anda. Spammer akan tetap bisa meninggalkan komentar dengan link, tetapi tidak dapat membuat link yang aktif.

0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.